5 Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Android Solved!

Mengatasi Aplikasi Berhenti di Android Solved
Mengatasi Aplikasi Berhenti di Android Solved

ViralOke.com – Cara mengatasi aplikasi berhenti di android terbukti ampuh. Setiap pengguna android pasti pernah mengalami aplikasi yang tiba-tiba berhenti, lalu mengalami force close di android. Jika sudah begitu pastinya sangat menyebalkan bukan? nah ViralOke akan memberikan solusinya.

Smartphone memiliki fitur yang sangat luas, berbagai macam aplikasi dan game dapat di unduh dan digunakan, namun tidak semua aplikasi tersebut dapat digunakan, ada yang versi berbayar ada pula yang error ataupun berhenti secara tiba-tiba.

Dalam kasus mengatasi aplikasi berhenti di android biasanya di alami oleh smartphone jadul atau yang memiliki spesifikasi rendah, seperti penyimpanan dan Ram yang penuh, karena semakin kedepannya Android akan terus berkembang dan tentunya spesifikasi yang diperlukan akan semakin tinggi pula.

Ada juga yang mengalami masalah aplikasi tidak kompatibel dengan device, biasanya ini terjadi karena developer / pembuat appnya yang hanya ingin beberapa merk atau spesifikasi tertentu untuk menjalankan aplikasi ataupun game tersebut.

Apa Saja Yang Menyebabkan Aplikasi Berhenti di Android?

> Aplikasi tidak kompatibel dengan perangkat.

> Penyimpanan Memori Internal penuh.

> Ram tidak mencukupi.

> Terlalu banyak Cache atau file sampah yang menumpukFile Corrupt atau rusak sehingga sering error.

> Spesifikasi Smartphone dengan aplikasi tidak mencukupi / Perlu upgrade OS.

Dari berbagai penyebab aplikasi terhenti di android sebenarnya lebih banyak lagi penyebab yang bisa terjadi.

Namun ada beberapa solusi yang mungkin bisa mengatasi masalah Force Close app tersebut. berikut cara mengatasi app close.

Cara Mengatasi Aplikasi Berhenti di Android

1. Restart Smartphone

Mungkin melakukan restart adalah masalah yang sepele, namun beberapa user Android mungkin lupa sudah berapa hari tidak merestart smartphone mereka.

Dengan melakukan booting ulang akan memungkinkan smartphone bekerja lebih optimal, segar kembali seperti semula

Bayangkan saja kalian bekerja terus-menerus tentunya akan melelahkan dan melakukan beberapa kesalahan. Begitu juga smartphone butuh penyegaran kembali agar bekerja optimal.

2. Menghapus Cache atau file sampah yang menumpuk

Para pengguna android mungkin tidak sadar setiap kita menggunakan smartphone kita setiap aplikasi pasti akan menghasilkan cache, yang mana kalau tidak dibersihkan secara berkala tentunya akan membuat memori internal smartphone terkuras habis di buatnya.

Oleh karena itu harus kita bersihkan file cache tersebut. Anda bisa menggunakan aplikasi Cleaner yang tersedia di Playstore gratis.

Jika kita sudah membersihkan cache tadi, smartphone kalian akan terasa lebih ringan dan lancar saat digunakan mungkin masalah force close tadi dapat diatasi.

3. Update Aplikasi / Downgrade Aplikasi

Aplikasi tertentu memang tidak cocok untuk semua merk smartphone yang beredar, namun tentunya dengan melakukan update aplikasi akan membuat aplikasi semakin kompatibel dengan device yang kita gunakan, sehingga masalah aplikasi terhenti dapat diatasi.

Saya juga bilang Downgrade aplikasi, apa maksudnya? memang dengan melakukan update akan membuat aplikasi semakin kompatibel dengan device terbaru, lalu bagaimana dengan device lama, yang masih menggunakan OS lama seperti Kit Kat misalnya.

Tentunya Versi terbaru tidak akan bisa berjalan dengan baik/ sudah tidak support lagi OS lama. Untuk masalah seperti ini anda bisa mencari Versi lama yang lebih cocok untuk smartphone anda.

4. Upgrade OS ke Versi Terbaru

Jika kita melakukan upgrade OS android permasalahan aplikasi force close akan teratasi karena kompabilitas dari OS terbaru adalah yang terbaik. Dengan menggunakan OS Versi paling mutakhir kalian bisa menjalankan Aplikasi-aplikasi terbaru yang ada sehingga tidak ada kendala lagi.

5. Mencari Aplikasi Alternatif

Cara kelima merupakan cara terakhir bila cara-cara diatas tidak berhasil, kali ini adalah menggunakan aplikasi yang lain atau aplikasi alternatif yang memiliki fungsi yang sama dengan yang ingin digunakan.

Kalian bisa mendownload aplikasi alternatif ini di Playstore, karena terdapat banyak sekali aplikasi lain yang bisa kalian gunakan selain menggunakan yang force close tadi.

Cara-cara diatas terbukti ampuh dalam mengatasi aplikasi berhenti di android, cara ini bisa kalian gunakan pada semua smartphone merek apa saja seperti Samsung, Asus, Realme, Xiaomi, Oppo, Infinix dan lainnya.

Sekian dulu mengenai artikel kali ini, semoga bermanfaat buat anda para pembaca dan juga dapat mengalami permasalahan mengatasi aplikasi berhenti di android.

Bila kalian memiliki solusi lain untuk mengatasi aplikasi berhenti di android jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya. Salam Mimin ViralOke.com

Baca Juga :

Kode Redeem ML Januari 2020 Skin Gratis

Yuk Baca Juga :

About the Author: Gaming +62

Apapun Gamenya Jangan Lupa Bahagia Bro !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *